Solusi Paling Jago Mengatasi Blue Screen




Solusi Paling Jago Mengatasi Blue Screen. Blue Screen adalah tampilan biru pada layar monitor PC atau Labtop yang didalamnya terd keterangan yang menjelaskan kesalahan hardware maupun software sehingga komputer tidak bisa bekerja.

Secara praktis dapat diartikan, ke-tidak cocok-an antara alamat perintah dari software dengan alamat memori yang terdapat di hardware komputer.

Blue screen bisa disebabkan karena sofware dan juga bisa disebabkan karena hardware.

Blue screen yang disebabkan karena software:
  1. Virus: virus infektor. Virus yang meng-infeksi suatu file program ataupun file siste sehingga bisa merubah perintah yang ada didalam program tersebut. Sehingga akan menimbulkan bug ataupun crash yang akan mengakibatkan blue screen/layar biru pada tampilan monitor.
  2. Driver: Driver peralatan komputer seperti sound card, VGA card, LAN card, Modem dll adalah software yang berhubungan dengan hardware.sehingga bila kita memasukkan driver suatu peralatan komputer harus benar-benar sesuai, baik itu sistem operasinya, versi hardware maupun cara instalasiny, karena bila kita salah pilih akan bisa membuat komputer anda blue screen.
  3. Kernel: Kernel adalah software dasar dari sebuah sistem operasi. Kita harus benar-benar teliti dalam meng-install  sistem operasi didalam sebuah komputer. Misalnya kita menggunakan hardware produk AMD, jangan diinstall sistem yang menggunakan i386 karena i386 adalah digunakan untuk produk dari intel.
  4. Aplikasi/program: Sebelum instalasi sebuah program di komputer, anda harus melihat spesifikasi dari software tersebut apakah untuk windows XP, Vista, windows 7 atau bisa disemua sistem operasi. Tanpa mengetahui spesifikasi tersebut jangan coba-coba install program, karena akan mengecewakan anda bila komputer anda menjadi blue screen.

Berikut Solusi untuk mengatasi blue screen pada komputer anda

Blue screen yang diakibatkan kerusakan hardware:
  1. RAM: Memori , baik itu SDRAM, DDR 1, DDR2 ataupun DDR3 bisa menjadi penyebab komputer anda blue screen. Penyebabnya bisa karena konektor pin dari RAM sudah kotor atau karena frekwensinya yang tidak cocok dengan permintaan main board.
  2. Harddisk: Kerusakan pada harddisk bisa juga menyebabkan blue screen pada komputer anda. Baik itu kerusakan secara fisik (bad sector) ataupun karena masalah kesalahan pada file sistemnya.
  3. Firmware: Firmware bisa disamakan dengan bios di motherboard. Hampir disemua peralatan berbasis komputer memiliki yang namanya firmware yang berfungsi untuk menyimpan data dari peralatan tersebut. Blue Screen bisa juga terjadi karena ada kerusakan pada bagian ini.
  4. Chipset: Chipset didalam mother board bisa juga menjadikan masalah blue screen terutama chipset northbridge dan juga chipset southbridge.
Mengatasi blue screen karena software :
  1. Karena Virus. Cara menanganinya kita harus membersihkan semua Virus infektor yang telah masuk ke file sistem atau file aplikasi.Virus yang jenis infektor antara lain: Sality.. Virus ini menginfeksi file exe dan juga mematikan semua anti virus yang terkenal.Juga menutup semua aplikasi yang bernama anti virus.Sehingga bila install anti Virus tidak mungkin bisa kalau tidak direname.Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan salitykiller.Atau komputer yang sudah terinfeksi bisa download >disini< Virut…adalah virus infektor yang juga mirip cara kerja sality… untuk membersihkan gunakan virutkiller Ramnit…virus infektor ini bahkan lebih hebat cara penyebarannya…. untuk dapat dibersihkan oleh anti virus indonesia ( bangga… sebagai bangsa… :) )    nama pembersihnya RAmnit killer buatan PCMAV anti virus Indonesia.Dan ada juga infektor seperti: WIn32 Chir B , Alman dan lain-lain.
  2. Mengatasi blue screen karena install driver yang salah : Caranya: silakan booting komputer dan masuk boot menu ( tekan F8 waktu booting awal ) dan pilih safe mode atau safe mode with command prompt.Setelah tampil windows , atau kalau ada user pilih user yang biasa dipakai atau pilih administrator.Jika driver tersebut ada setupnya / ada installernya… silakan uninstall dari add remove program atau di start menu >>all program.Tetapi bila tidak ada masuk ke device manager dan cari hardware yang baru diinstall pilih remove atau uninstall.
  3. Karena sistem operasi , kita harus install ulang dengan sistem operasi yang sesuai dengan hardwarenya.
  4. Karena aplikasi / program…caranya : sama dengan lblue screen karena driver .
Blue screen yang diakibatkan kerusakan hardware :
  1. RAM… cara mengatasinya , kita bisa membersihkan konektor yang ada dimemori RAM ( berwarna kuning tembaga ) dengan cara menggosoknya dengan penghapus pensil…ingat !! jangan sekali-kali menggunakan kertas gosok.
  2. Harddisk , bisa mengakibatkan blue screen karena berbagai hal.Diantaranya yang terparah adalah bad sector fisik dari media harddisk…karena cara menanganinya harus menggantinya ( harddisk ) yang sering adalah bad program untuk mengatasinnya harus menggunakan low level format atau wiping harddisk.Yang lebih sering dikarenakan file sistemnya bermasalah….bisa dikarenakan mematikan komputer tanpa prosedur yag benar ( tidak di shutdown ).Listrik sering mati  dll. Untuk mengatasi permasalahan file sistem kita bisa menggunakan live CD mini Windows XP atau booting dari sistem windows lain.DAn kita gunakan perintah : CHKDSK /F  di cmd ( command prompt ).Misalnya yang ingin dibenahi file sistem di drive C , maka kita bisa ketikkan : CHKDSK / F    C:
  3. Untuk kasalahan yang disebabkan firmware…. kita harus install ulang firmwarenya ( flash ROM ). Dan untuk ini diperlukan ilmu dan peralatan / software khusus.
  4. Untuk Chipset ataupun IC di peralatan komputer diperlukan keahlian khusus yang berbasis elektronika ( solder menyolder…  :)    )
Mungkin  sedikit ini dulu diantara solusi menangani blue screen di komputer mudah-mudahan bermanfaat…..  untuk yang bersifat teknis ada software untuk melihat penyebab blue screen… yang nama programnya adalah BLUE SCREEN VIEW  selamat belajar…

No comments:

Post a Comment