Porodisa Talaud

Tradisi Mane'e di Pulau Intata. Pulau Wisata Paling Jago

Porodisa Talaud. Masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud atau Masyarakat Porodisa Talaud adalah masyarakat paling jago, "Sansiote Sampate Pate" ialah semboyan orang talaud yang artinya "Berat sama dipiku, ringan sama dijinjing" yang mengartikan bahwa orang talaud ialah orang yang kuat akan persatuan.

Keseharian mereka sangatlah sederhana sekitar 80% dari penduduk Talaud ialah petani paling jago dan nelayan paling jago bagaimana tidak dibilang yang paling jago, menurut para ahli di bidang perikanan dan pertanian menyatakan bahwa potensi sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia orang Talaud sangatlah besar namun belum di kelola secara maksimal dengan teknologi dan ini menandakan bahwa daerah Talaud adalah daerah yang kaya akan hasil alam.


Generasi Muda Talaud Adalah Generasi Muda Yang Paling Jago

Generasi Muda Talaud adalah generasi muda yang paling jago dan pantang menyerah. Kenapa tidak, keterbatasan sarana pendidikan dan teknologi di daerah Talaud tak dapat membendung semangat para generasi muda Talaud yang membara dan berkobar bagaikan singa yang lapar akan pengetahuan.

Bermodalkan nasehat ketekunan dan keuletan dari para orang tua mereka, para generasi muda talaud nekat merantau di tahan orang demi mengisi kekosongan ruang pengetahuan mereka untuk kelangsungan hidup serta kemajuan tanah Porodisa.


Tempat Wisata Paling Jago
Tempat wisata paling jago ada di Talaud. Dewasa ini para turis lokal maupun mancanegara selalu terpaku pada tempat-tempat wisata yang selama ini menjadi icon Indonesia, tahukah nada? diujung Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Philipina terdapat pulau-pulau wisata yang paling jago diantaranya ialah: Pulau Intata, Pulau Sara'a, Pulau Marampit, Pulau Nusa Dolom & Nusa Tofor dan masih banyak pulau-pulau lainnya yang menawarkan keindahan alam murni dan masih perawan. Tak bisa dipungkiri bahkan orang Talaud sendiri ketika berkunjung di tempat-tempat wisata tersebut sealu terbuai oleh kecantikan dari pulau/tempat wisata tersebut. Bisa anda banyangkan bagaimana kalau yang berkunjung itu ialah turis dari negara lain yang haus akan keindahan twmpat-tempat wisata, dan pasti ucapan pembuka yang keluar dari mulut mereka adalah "Woow". Dan pulau wisata inilah salah satu dari sekian banyak warisan leluhur orang Talaud yang paling jago.


Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi anda. Salam...
"Sansiote Sampate Pate"


No comments:

Post a Comment